Jumat, 18 November 2011

BAB 3..PENGERTIAN WEB-BROWSER DAN SEARCH ENGINE

Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif.

Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.

Cara Kerja Web Browser
Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.



Misalkan seorang yang bernama A ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

Beberapa contoh Web Browser yang ada
1) MOZILLA FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan.
2) OPERA --> Cepat dan tampilan halaman yang web yang optimal dan memukau.
3) INTERNET EXPLORER --> Web browser bawaan windows.
4) SAFARI --> Web browser khas macintosh.
5) GOOGLE CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google.
6) AVANT BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan yang lebih elegan
7) FLOCK --> Web browser yang ditujukan buat penggila social enginering.

3.2 SEARCH ENGINE

Sejarah Lahirnya Search Engine (Mesin Pencari)
Perkembangan search engine berawal dari diciptakannya perangkat lunak yang bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Montreal, Kanada, pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindex file-file terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk mencari informasi di internet, sehingga Archie dinobatkan sebagai nenek moyang dari search engine.
Search engine berikutnya adalah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display), yang mampu mengindex halaman-halaman plain text yang terdapat pada server gopher.
World Wide Web Wanderer merupakan aplikasi search engine pertama yang menggunakan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman-halaman web yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, seorang mahasiswa dari MIT, namun sayang, aplikasi ini menimbulkan kontroversi, karena akibat dari kinerja robot ini menghabiskan bandwith yang sangat besar.
Berikutnya, pada tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB (Archie-Like Indexing of the Web). ALIWEB mengizinkan pengguna internet untuk men-submit halaman webnya untuk di indeks dengan teknologi kumpulan meta-data
Aplikasi-aplikasi diataslah yang menginspirasi lahirnya teknologi-teknologi search engine yang baru, mulai dari munculnya website search engine webcrawler, yahoo, lycos, altavista, excite, hotbot, alltheweb, google, baidu dan banyak lagi yang lainnya.
Search Engine / Mesin pencari
Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas. Beragam informasi disimpan di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan dalam mencari halaman tertentu.
Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program untuk memudahkan kita mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama mesin pencari atau search engine.
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut alogaritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindex-an dan alogaritma pencarian yang digunakan.
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalh sebagai berikut.
1. kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
2. tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.
Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :
1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa search engine / mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.

3.3 menyimpan ,mendownload,dan mencetak informasi dari web browser

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan world Wide Web Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi dalam internet kita dapat menggunakan search engine yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Daftar sumber daya pada internet ; E-mail : Untuk melakukan pertukaran surat elektronik Newsgroup : Forum diskusi Mailing List : Kelompok diskusi menggunakan surat elektronik IRC : Dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif Telnet : memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu komputer lain FTP : sarana untuk transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain Gopher : Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher Archie : Untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP Veronica : untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher WAIS : Perangkat untuk melakukan pencarian data pada internet dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari WWW : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext

protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet ;

a. Bidang akademis : misalnya referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui internet dalam jmlah yang banyak

b. Bidang ekonomi dan Bisnis : Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lntas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke negara tempat rekan bisnisnya.

c. Bidang keagamaan : untuk sarana dakwah

d. Bidang sosial : ndengan menggunakan e-mail atau chat room

e. Bidang komunikasi : teknologi VoIP memberikan manfaat kepada pengguna telepon suapaya tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional.

f. Bidang hiburan : dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

a. Title bar : judul halaman web yang sedang dibuka

b. Menu Bar : menu-menu utama browser misal menu file,edit,view dll

c. Toolbar : tombol-tombol yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai shortcut

d. Address Bar : untuk menuliskan alamat situs yang ingin ditampilkan

e. Status Bar : menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka
C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage
URL ( Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. aturan penulisan alamat sebagai berikut ; Protokol -> http:// Domain -> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id Directory -> /06/ Nama Halaman -> index.php Tipe Domain : com atau co : Perusahaan Komersial edu atau ac : Institusi pendidikan gov atau go : Biro mil : Militer net : Penyedia jaringan org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara
at : Austria my : Malaysia
au: Australia sg : Singapura
ca : Kanada ve : Venezuela
de: Jerman kr : Korea selatan
Fr: Prancis mx : Mexico

Mengenal Homepage
Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jka sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www, Web Page merupakan salah satu halaman dari website. semua web page merupakan homepage
D. Mendeskripsikan HyperText dan HTML

1. Mengenal HyperText

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah www.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa dengan emnggunakan Notepad.
Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan world Wide Web Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi dalam internet kita dapat menggunakan search engine yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Daftar sumber daya pada internet ; E-mail : Untuk melakukan pertukaran surat elektronik Newsgroup : Forum diskusi Mailing List : Kelompok diskusi menggunakan surat elektronik IRC : Dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif Telnet : memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu komputer lain FTP : sarana untuk transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain Gopher : Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher Archie : Untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP Veronica : untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher WAIS : Perangkat untuk melakukan pencarian data pada internet dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari WWW : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext

protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet ;

a. Bidang akademis : misalnya referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui internet dalam jmlah yang banyak

b. Bidang ekonomi dan Bisnis : Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lntas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke negara tempat rekan bisnisnya.

c. Bidang keagamaan : untuk sarana dakwah

d. Bidang sosial : ndengan menggunakan e-mail atau chat room

e. Bidang komunikasi : teknologi VoIP memberikan manfaat kepada pengguna telepon suapaya tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional.

f. Bidang hiburan : dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

a. Title bar : judul halaman web yang sedang dibuka

b. Menu Bar : menu-menu utama browser misal menu file,edit,view dll

c. Toolbar : tombol-tombol yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai shortcut

d. Address Bar : untuk menuliskan alamat situs yang ingin ditampilkan

e. Status Bar : menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka
C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage
URL ( Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. aturan penulisan alamat sebagai berikut ; Protokol -> http:// Domain -> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id Directory -> /06/ Nama Halaman -> index.php Tipe Domain : com atau co : Perusahaan Komersial edu atau ac : Institusi pendidikan gov atau go : Biro mil : Militer net : Penyedia jaringan org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara
at : Austria my : Malaysia
au: Australia sg : Singapura
ca : Kanada ve : Venezuela
de: Jerman kr : Korea selatan
Fr: Prancis mx : Mexico

Mengenal Homepage
Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jka sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www, Web Page merupakan salah satu halaman dari website. semua web page merupakan homepage
D. Mendeskripsikan HyperText dan HTML

1. Mengenal HyperText

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah www.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML.

3.4 Pendukung Web Browser dan Contoh Situs
     Kemampuan aplikasi tambahan atau pendukung disebut dengan complimentary applications atau plug-in. Fungsi dari plug-in adalah untuk meningkatkan kemampuan dari web-browser, misalnya membuka file animasi dan video. Beberapa plug-in yang umum digunakan bersama dengan web browser adalah sebagai berikut.
  1. Flash Player, aplikasi ini mendukung gambar animasi flash dan web yang dibuat dengan Macromedia Flash. Apabila komputer yang kita gunakan belum mendukung animasi flash, sebaiknya lakukan install plug-in Flash Player dengan mendownloadnya dari www.macromedia.com.
  2. Shockwave Player, aplikasi ini berguna sebagai sebuah software untuk menjalankan isi web yang dibuat dengan Macromedia Shockwave, yaitu web dengan aplikasi multimedia interaktif. Dalam web ini disajikan animasi-animasi, program demo, dan bahan-bahan presentasi.
  3. Real Player, aplikasi ini mendukung pemutaran streaming audio maupun video.
  4. Quick Time, aplikasi ini mendukung pemutaran streaming audio maupun video dengan format 3gp dan RM.
  5. Acrobat Reader, aplikasi ini berfungsi untuk membuka file dengan format PDF dan menampilkannya ke halaman web
     Beberapa mata pelajaran memiliki website tersendiri, mulai dari materi sampai evaluasinya. Berikut ini contoh dari situs-situs yang dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
  1. www.invir.com (berisi contoh soal ujian)
  2. www.ilmukomputer.com (berisi tentang ilmu komputer)
  3. www.ensiklopedia.com (situs tentang ensiklopedia Indonesia)
  4. www.fisika.lipi.go.id (berisi tentang ilmu fisika)
  5. www.e-dukasi.net (situs E0Learning dari Pustekom) 










Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif.

Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.

Cara Kerja Web Browser
Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.


Misalkan seorang yang bernama A ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

Beberapa contoh Web Browser yang ada
1) MOZILLA FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan.
2) OPERA --> Cepat dan tampilan halaman yang web yang optimal dan memukau.
3) INTERNET EXPLORER --> Web browser bawaan windows.
4) SAFARI --> Web browser khas macintosh.
5) GOOGLE CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google.
6) AVANT BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan yang lebih elegan
7) FLOCK --> Web browser yang ditujukan buat penggila social enginering.

3.2 SEARCH ENGINE

Sejarah Lahirnya Search Engine (Mesin Pencari)
Perkembangan search engine berawal dari diciptakannya perangkat lunak yang bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Montreal, Kanada, pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindex file-file terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk mencari informasi di internet, sehingga Archie dinobatkan sebagai nenek moyang dari search engine.
Search engine berikutnya adalah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display), yang mampu mengindex halaman-halaman plain text yang terdapat pada server gopher.
World Wide Web Wanderer merupakan aplikasi search engine pertama yang menggunakan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman-halaman web yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, seorang mahasiswa dari MIT, namun sayang, aplikasi ini menimbulkan kontroversi, karena akibat dari kinerja robot ini menghabiskan bandwith yang sangat besar.
Berikutnya, pada tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB (Archie-Like Indexing of the Web). ALIWEB mengizinkan pengguna internet untuk men-submit halaman webnya untuk di indeks dengan teknologi kumpulan meta-data
Aplikasi-aplikasi diataslah yang menginspirasi lahirnya teknologi-teknologi search engine yang baru, mulai dari munculnya website search engine webcrawler, yahoo, lycos, altavista, excite, hotbot, alltheweb, google, baidu dan banyak lagi yang lainnya.
Search Engine / Mesin pencari
Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tidak terbatas. Beragam informasi disimpan di internet. Informasi yang begitu lengkap dan sangat banyak memberi keuntungan, sehingga kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita butuhkan. Namun di satu sisi, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan dalam mencari halaman tertentu.
Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program untuk memudahkan kita mencari halaman di internet. Program tesebut dikenal dengan nama mesin pencari atau search engine.
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan item-item tersebut.
Mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut alogaritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindex-an dan alogaritma pencarian yang digunakan.
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalh sebagai berikut.
1. kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
2. tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.
Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :
1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa search engine / mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.

3.3 menyimpan ,mendownload,dan mencetak informasi dari web browser

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan world Wide Web Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi dalam internet kita dapat menggunakan search engine yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Daftar sumber daya pada internet ; E-mail : Untuk melakukan pertukaran surat elektronik Newsgroup : Forum diskusi Mailing List : Kelompok diskusi menggunakan surat elektronik IRC : Dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif Telnet : memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu komputer lain FTP : sarana untuk transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain Gopher : Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher Archie : Untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP Veronica : untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher WAIS : Perangkat untuk melakukan pencarian data pada internet dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari WWW : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext

protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet ;

a. Bidang akademis : misalnya referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui internet dalam jmlah yang banyak

b. Bidang ekonomi dan Bisnis : Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lntas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke negara tempat rekan bisnisnya.

c. Bidang keagamaan : untuk sarana dakwah

d. Bidang sosial : ndengan menggunakan e-mail atau chat room

e. Bidang komunikasi : teknologi VoIP memberikan manfaat kepada pengguna telepon suapaya tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional.

f. Bidang hiburan : dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

a. Title bar : judul halaman web yang sedang dibuka

b. Menu Bar : menu-menu utama browser misal menu file,edit,view dll

c. Toolbar : tombol-tombol yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai shortcut

d. Address Bar : untuk menuliskan alamat situs yang ingin ditampilkan

e. Status Bar : menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka
C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage
URL ( Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. aturan penulisan alamat sebagai berikut ; Protokol -> http:// Domain -> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id Directory -> /06/ Nama Halaman -> index.php Tipe Domain : com atau co : Perusahaan Komersial edu atau ac : Institusi pendidikan gov atau go : Biro mil : Militer net : Penyedia jaringan org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara
at : Austria my : Malaysia
au: Australia sg : Singapura
ca : Kanada ve : Venezuela
de: Jerman kr : Korea selatan
Fr: Prancis mx : Mexico

Mengenal Homepage
Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jka sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www, Web Page merupakan salah satu halaman dari website. semua web page merupakan homepage
D. Mendeskripsikan HyperText dan HTML

1. Mengenal HyperText

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah www.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa dengan emnggunakan Notepad.
Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan world Wide Web Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi dalam internet kita dapat menggunakan search engine yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Daftar sumber daya pada internet ; E-mail : Untuk melakukan pertukaran surat elektronik Newsgroup : Forum diskusi Mailing List : Kelompok diskusi menggunakan surat elektronik IRC : Dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif Telnet : memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu komputer lain FTP : sarana untuk transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain Gopher : Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher Archie : Untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP Veronica : untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher WAIS : Perangkat untuk melakukan pencarian data pada internet dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari WWW : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext

protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet ;

a. Bidang akademis : misalnya referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui internet dalam jmlah yang banyak

b. Bidang ekonomi dan Bisnis : Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lntas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke negara tempat rekan bisnisnya.

c. Bidang keagamaan : untuk sarana dakwah

d. Bidang sosial : ndengan menggunakan e-mail atau chat room

e. Bidang komunikasi : teknologi VoIP memberikan manfaat kepada pengguna telepon suapaya tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional.

f. Bidang hiburan : dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

a. Title bar : judul halaman web yang sedang dibuka

b. Menu Bar : menu-menu utama browser misal menu file,edit,view dll

c. Toolbar : tombol-tombol yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai shortcut

d. Address Bar : untuk menuliskan alamat situs yang ingin ditampilkan

e. Status Bar : menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka
C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage
URL ( Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. aturan penulisan alamat sebagai berikut ; Protokol -> http:// Domain -> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id Directory -> /06/ Nama Halaman -> index.php Tipe Domain : com atau co : Perusahaan Komersial edu atau ac : Institusi pendidikan gov atau go : Biro mil : Militer net : Penyedia jaringan org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara
at : Austria my : Malaysia
au: Australia sg : Singapura
ca : Kanada ve : Venezuela
de: Jerman kr : Korea selatan
Fr: Prancis mx : Mexico

Mengenal Homepage
Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jka sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www, Web Page merupakan salah satu halaman dari website. semua web page merupakan homepage
D. Mendeskripsikan HyperText dan HTML

1. Mengenal HyperText

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah www.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML.

3.4 Pendukung Web Browser dan Contoh Situs
     Kemampuan aplikasi tambahan atau pendukung disebut dengan complimentary applications atau plug-in. Fungsi dari plug-in adalah untuk meningkatkan kemampuan dari web-browser, misalnya membuka file animasi dan video. Beberapa plug-in yang umum digunakan bersama dengan web browser adalah sebagai berikut.
  1. Flash Player, aplikasi ini mendukung gambar animasi flash dan web yang dibuat dengan Macromedia Flash. Apabila komputer yang kita gunakan belum mendukung animasi flash, sebaiknya lakukan install plug-in Flash Player dengan mendownloadnya dari www.macromedia.com.
  2. Shockwave Player, aplikasi ini berguna sebagai sebuah software untuk menjalankan isi web yang dibuat dengan Macromedia Shockwave, yaitu web dengan aplikasi multimedia interaktif. Dalam web ini disajikan animasi-animasi, program demo, dan bahan-bahan presentasi.
  3. Real Player, aplikasi ini mendukung pemutaran streaming audio maupun video.
  4. Quick Time, aplikasi ini mendukung pemutaran streaming audio maupun video dengan format 3gp dan RM.
  5. Acrobat Reader, aplikasi ini berfungsi untuk membuka file dengan format PDF dan menampilkannya ke halaman web
     Beberapa mata pelajaran memiliki website tersendiri, mulai dari materi sampai evaluasinya. Berikut ini contoh dari situs-situs yang dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
  1. www.invir.com (berisi contoh soal ujian)
  2. www.ilmukomputer.com (berisi tentang ilmu komputer)
  3. www.ensiklopedia.com (situs tentang ensiklopedia Indonesia)
  4. www.fisika.lipi.go.id (berisi tentang ilmu fisika)
  5. www.e-dukasi.net (situs E0Learning dari Pustekom) 

























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar